468x60

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 24 Juni 2020

Wajib Tahu Perbedaan Tipe Kijang SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista

Mobil Kijang memang merupakan produk dari Toyota yang memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Kijang menjelma menjadi ikon mobil keluarga di Indonesia berkat konsistensinya. Salah satu yang paling dikenal dan laris adalah Kijang kapsul. Mobil yang diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 ini memiliki banyak tipe dan juga menggunakan mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Dan saat ini sudah dilanjutkan dengan model terbaru yaitu Kijang Innova. Sedangkan saat ini, Toyota Sienta dan Toyota Avanza bisa jadi pilihan baru untuk Anda yang mencari mobil baru di kelas MPV.

Namun saat ini, bagi Anda mencari MPV yang relatif akbar Wuling Cortez sanggup jadi salah satu pilihan, apalagi harga yang ditawarkannya sangat murah hampir 1/2 harga dari Kijang Innova Terbaru. Selain itu Wuling Cortez jua hadir menggunakan 2 pilihan mesin 1.5 Turbo dan 1.8 bensin.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Wuling Cortez 1.Lima & 1.8 di Indonesia

kijang kapsul

Kijang kapsul merupakan penerus dan penyempurna dari Kijang ekstra, Dengan desain bulat dan mesin berapasitas 1800cc sampai 2400cc. Ada 4 tipe mesin pada kijang kapsul, yaitu mesin bensin 1800 cc dengan sistem karburator dan juga sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan yang terakhir adalah  mesin diesel 2400 cc. Mobil yang berkapasitas 8-9 penumpang ini memiliki banyak 7 tipe.Berikut tipe kijang kapsul yaitu SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista.

Untuk tipe standart terdapat dalam versi SX & LX, disusul, Tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX & LGX, dan tipe tertinggi merupakan kijang krista.

Kijang mempunyai versi pendek dan panjang. Hal ini bisa dicermati menggunakan Huruf Pertama dalam Tipenya. S buat Short & L buat kijang yg Long.

Perbedaannya merupakan, utuk tipe S kursi bagian belakang menghadap ke samping, sedangkan dalam tipe L, kursi belakang menghadap ke depan

Sedangkan untuk interior & aksesorsinya ditandai menggunakan alfabet dibelakangnya, Lihat rincian berikut

- SX & LX: Tipe baku minimalis, tanpa AC, power steering, power window, & asesoris lainnya.

-   SSX dan LSX: Tipe medium, bagian interior lebih bagus, sudah menggunaka AC dan sistem audio yang cukup.

-   SGX dan LGX:  tipe lengkap, menggunakan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper depan belakang, lampu kabut, spoiler serta bumper depa .

-    Krista: Tipe teratas dan lengkap. Eksterior lebih sporty, dengan two tone colour.

Kijang Kapsul di Indonesia juga mengalami perubahan dalam 3 periode:

- First Edition (1997 ? Awal 2000) : Bodinya lebih tebal berdasarkan generasi ke 2. Tipe ini Menggunakan mesin 2000cc berbahan bakar bensin.

- Second edition (2000?2003) : Body-steel lebih tipis berdasarkan generasi pertama menggunakan tujuan mengurangi harga jual. Edisi ini memakai mesin 2000 cc bahan bakar bensin, 2400cc diesel engine, dan jua 1800cc dengan teknologi EFI.

-

Third edition (2003?2005) : LSX, LGX series, dan SGX mengalami minor change berdasarkan sebelumnya misalnya bagian door trim & interior. Dan menggunakan mesin yg sama menggunakan second edition

Perbedaan dari tipe SX & LX merupakan pada bagian interior dan eksterior dan pemugaran dalam suspensi depan yg memakai pegas btg torsi, selain itu, sistem kemudi lebih baik dari tipe seblumnya yaitu memakai power steering dan power assist. Perubahan yg paling jelas pada tipe LSX SSX ini merupakan penggunaan mesin diesel menggunakan sistem EFI & sistem injection.

Sebagai tambahan review mobil ini, untuk Anda yg ingin membeli kendaraan beroda empat kijang Kapsul, terdapat beberapa kelemahan dari kijang ini:

  • Bahan bakar cukup boros, umunya 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota
  • Suspensi per daun sering bermasalah terutama apabila melewati medan yang cukup berat.
  • Karet Body sering retak, jadi harus sering diganti.
  • Untuk mesin bensin dengan kode 7K memiliki kelemahan pada bagian ring piston yang sering bocor, sehingga tenaganya jadi ngempos dan sering ditemui asap putih pda knalpot alias ngebul karena oli masuk ke ruang bakar.
  • Untuk mesin diesel dengan kode 2L, umumnya terdapat masalah pada saluran injektor diesel pada kepala silindernya yang mengalami retak atau mudah rusak. Jadi harus diganti dengan yang baru.

Berikut Konsumsi BBM Kijang Kapsul yg dirangkum menurut pemakainya:

  • Forum 1: Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2013) dengan rute kombinasi dalam dan luar kota bisa mencapai 10 km per liter.
  • Forum 2: Kijang 1.8 EFI manual (2000) untuk dalam kota bisa 7-8 km per liter, sedangkan saat mencoba jalan-jalan keluar kota hanya bisa mencapai 1:10 dengan gaya mengemudi santai 80 km/jam.
  • Forum 3: Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2000), diajak jalan-jalan dalam kota cuma bisa 8-9 km/liter dengan kemacetan sedang, namun saat macet parah bisa 5-6 km per liter. Untuk luar kota, lumayan bisa 10 km per liter.
  • Forum 4: Kijang 1.8 EFI manual (2000) dalam kota bisa 1:9 dengan kecepatan 80km, sedangkan luar kota bisa 1:10 km dengan maksimal speed 90-120 km
  • Forum 5: Kijang SX 1.8 manual (1997), perjalanan Bandung - Jakarta dengan muatan penuh 4 dewasa plus bagasi mencapai 10 km per liter.
  • Forum 6: Kijang 1.8 EFI manual (2000), perjalanan Cimone - Tanjung Priok bisa 9,9 km per liter.

Dan inilah update terbaru Harga All new Kijang Innova terbaru dan fitur unggulan innova facelift

Semoga informasi ini berguna bagi Anda semuanya, terutama yang memang mencari kijang kapsul menjadi kendaraan beroda empat keluarga.(riva)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top