Gaung tentang Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini sudah usang menggema pada Indonesia, namun baru sekarang ada konfirmasi berdasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengenai niat mereka ingin meluncurkan kendaraan beroda empat low MPV diesel ini ke tanah air di tahun ini tepatnya tanggal 7 Februari 2017. Sementara itu Honda Mobilio facelift 2017 sudah hadir terlebih dahulu pada tahun ini & tentunya juga Nissan Grand Livina terkini yang jua mengalami major facelift & kemungkinan akan hadir pada tahun sekarang & tentunya Mitsubishi Xpander yg dalam tahun 2018 ini telah sebagai mobil terlaris di Indonesia.
Low MPV Diesel ini sudah diuji jalan di Indonesia untuk menyesuaikan kondisi di jalan dan juga uji kecocokan dengan bahan bakar mesin diesel di Indonesia. Apalagi saat ini Pertamina juga sudah meluarkan varian BBM Dexlite yang harganya lebih murah daripada PertaDex. Meskipun akhirnya Suzuki menyatakan bahwa boleh diisi dengan Pertamina Dexlite namun tentunya ada syaratnya yaitu adanya perlakuan khusus pada saat servis yang berimbas kepada biaya maintenance yang disebabkan adanya tambahan atau additional. Sementara itu untuk penjualannya Ertiga Bensin masih bersaing dengan Xenia.
Desain
Perubahan desain tak terdapat yang signifikan kecuali penambahan logo Hybrid ZDi dibagian belakang sebelah kanan. Selebihnya terlihat sama.
Mesin
Ertiga hybrid ini menggunakan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) yang digandengkan dengan mesin diesel berkode D13A Dualjet berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 88 hp dengan torsi 200 Nm. Namun jika digabungkan dengan baterai dan ISG, tenganya bisa bertambah menjadi 90 PS dan 200 Nm.
Teknologi SHVS sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh Suzuki Ciaz yang di pasarkan di India. Dan teknologi ini tidak sepenuhnya Hybrid karena sistem kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu, head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil. Cek video dibawah ini untuk mengenal lebih dekat teknologi SHVS ala Suzuki:
Istilah lainnya merupakan mild atau semi hybrid lantaran perangkat Integrated Starter Genarator yg dipakai tidak serupa menggunakan generator/motor listrik dalam mesin full hybrid, yg bekerja sama atau bergantian dengan mesin primer menjadi daya penggerak kendaraan beroda empat.
Selain itu sistem kerja teknologi SHVS masih memakai aki konvensional berkapasitas akbar, berbeda menggunakan mobil full hybrid yg umumnya menggunakan baterai lithium. Dengan aki tadi tentunya perawatannya lebih mudah dan sanggup dilakukan sendiri oleh konsumen.
Spesifikasi Mesin Suzuki Eriga Diesel SHVS
Tipe mesin : DDiS Diesel Engine D13A
Displacement : 1.249cc
Number of Cylinders : 4
Number of valves : 16
Fuel distribution : CRDi (common rail direct injection)
Tenaga maksimum : 88,4 hp @ 4.000 rpm
Torsi maksimum : 200 Nm @ 1.750 rpm
Tipe Transmisi : manual lima percepatan
Sebelum Anda meminangnya, ayo kita lihat video reviewnya yang diambil menurut otodriver.Com:
Fitur
Fitur Diesel ini tentunya berbeda dengan Bensin dan menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk membelinya. Kelebihan adalah fitur Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator, Indikator Water Sedimeter. Namun untuk transmisi hanya tersedia dalam versi manual. Di India, Ertiga Hyrid di klaim bisa menempuh24,52 km per liter, irit banget kan ya.
* Idle Engine Start-Stop sangat berguna dalam menghemat pemakaian BBM, karena pada saat mobil berhenti pada lampu merah dan persneling netral mesin secara otomatis berhenti dan untuk menjalankan kembali, Anda hanya tinggal menekan pedal kopling.
* Selain itu fitur Gear Shift Indicator sangat membantu buat memberi tahu kapan sebaiknya wajib shifting atau pindah gigi, & tentunya jua akan menciptakan pemakaian BBM sebagai lebih ekonomis.
* Integrated Starter Generator (ISG) berfungsi buat menggantikan tugas alternator konvensional & membantu konvoi mesin dieselnya. Sehingga torsi semakin baik & percepatan pula lebih spontan, tetapi dengan BBM yg lebih sedikit.
* Brake Energy Recuperation memiliki fungsi buat menyimpan tenaga kinetik output pengereman ke baterai Integrated Starter Generator (ISG). Nah tenaga dari ISG inilah yg nantinya akan digunakan buat proses start-stop engine yang tentunya akan membantu percepatan awal.
* Indikator Water Sedimeter ini bermanfaaat untuk memberikan informasi seberapa banyak kandungan air yang terdapat pada filter solar. Tentunya untuk di Indonesia, fitur ini sangat bermanfaat sekali mengingat masih banyaknya solar berkualitas rendah. Selain itu, alat ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu antisipasi agar tidak terjadi water hammer.
* Headlamp with Leveling sebagai akibatnya dengan gampang buat mengatur posisi cahaya lampu primer
* Rear Defogger dalam kaca belakang yang bermanfaat buat menghilangkan kabut atau embun pada ketika terjadi disparitas suhu pada luar kabin dan di dalam kabin pada kala hujan.
Konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid
Tentunya bagi yanng mau meninag Produk Suzuki ini akan bertanya berapa sebenarnya konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid ini. Berikut saya rangkumkan ulasannya yang diambil dari banyak sekali media dan juga penggunanya langsung:
- KompasOtomotif, pengujian pertama tanpa AC, kecepatan 60-70 kpj dengan lalu lintas tergolong lancar, Angka di multi information display (MID) tercatat 25,5 kpl. Untuk pengujian kedua, berada di jalan yang menanjak dan dengan gigi rendah yaitu di kawasan Rainbow Hills- Rancamaya - dan kembali ke jalur lancar, mencatat angka MID 20.3 kpl.
- Versi Kaskuser 1, Rute dalkot mencatat angka MID sekitar 17-19 km/liter. Sedangkan rute toll dengan kecepatan konstan 80-90 km/h bisa mencatat 25-27.2 km/l di MID.
- Versi Kaskuser 2, Rute Sidoarjo-Pasuruan (PP) dengan jarak 71 km, kondisi lancar dan sedikit merambat mendapatkan konsumsi bensin 19.32 km/l dengan metode full to full sedangkan versi MID tercatat 17.8km/l, mobil sempat parkir juga selama 20 menit dengan kondisi mesin nyala.
- Carreview.id, Rute Jakarta - Bogor, kombinasi tol dan macet, tanpa AC, RPM 1.000-2.000 mencatat konsumsi bahan bakar 31.7 Km/liter dengan metode Full to Full.
- Tribun: Melewati rute dalam kota dengan average speed hanya 22 km/jam bisa mencatat konsumsi BBM 17,7 km/l dengan idle start/stop system nya diaktifkan. Untuk rute di tol, Ertiga Diesel lebih bagus catatannya yaitu meraih konsumsi BBM 20,8 km/l.
Harga
Dengan kelebihan tersebut, Ertiga Diesel ini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 219 jutaan (On The Road Jabodetabek). Jadi siap-siap menabung buat meminang ertiga ini. Untuk pilihan warnanya SIS memberikan suguhan pada konsumen menggunakan tiga warna, yakni Superior White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic.
Sebagai tambahan warta, terjadi perbedaan bobot dalam Ertiga Diesel yaitu beratnya 1.235 kg sampai 1.265 kg dengan bensin yang mempunyai bobot 1.135 kg hingga 1.180 kg. Selisih sekitar 100 kg lantaran menggunakan mesin yg tidak sama. Sementara itu buat dimensi masih sama.
Bagi yg berminat menggunakan Ertiga Diesel Hybrid beberapa dealer pada daerah Jakarta telah mulai dijual dengan bonus atau cash back yang lumayan besar yaitu kurang lebih 18 jutaan. Wah diskonnya relatif menggiurkan nih buat meminang neng Erti.
Ertiga Hybrid versi Mewah Hadir pada India.
Setelah launching pada Indonesia, Suzuki pula perkenalkan Ertiga Hybrid versi tertinggi di negeri India. Tentunya informasi ini menciptakan penasaran para pecinta otomotif pada Indonesia. Nah apa saja sih kelebihan berdasarkan versi LMPV Limited Edition besutan Suzuki ini? Yuk kita kupas lagi biar gak kudet bro.
Perbedaannya sih cuman pada sentuhan aksesorisnya saja, seperti:
- Warna body yang tampil beda yaitu exquisite maroon
- Tambahan krom pda beberapa bagian yaitu gril, fog lamp, dan side moulding.
- Bagian velg juga mendapatkan desain baru dengan dibubuhi tambahan emblem limited edition
- Bagian jok dan roda kemudi sudah dibalut menggunakan kulit premium berwarna hitam & merah maroon yang membuatnya makin tampil elegan .
- Sandaran tangan pada bagian tengah jua menambah ketenangan buat pengemudi & penumpang depan.
- Bagian door trim, console tengah & dashboard dibalut dengan ornamen kayu.
Nah buat harganya, pada negeri om Shahrukh Khan ini, Ertiga limited edition ini dibanderol dengan harga 785.000 sampai 810.000 rupee, atau kalo dirupiahkan lebih kurang Rp 150 juta hingga Rp 162 jutaan. Mungkin sedikit lebih mahal jika masuk ke Indonesia. Pastinya versi ini bakalan dinantikan banget bagi pecinta Ertiga pada Tanah Air.
Ertiga Diesel Hybrid akan hadir versi Matic dan akan diproduksi pada Indonesia
Kabar gembira tentunya bagi pecinta matic, lantaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan mengeluarkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid versi transmisi automatic pada ketika dekat yaitu dalam tahun 2018 dan pula akan diproduksi di Indonesia. Kita tunggu saja tanggal mainnya.
Ertiga 2018 Segera hadir
Untuk menghadapi persaingan yg semakin memanas di ceruk Low MPV, Suzuki berencana akan menghadirkan Ertiga Facelift yang rencananya akan hadir di tahuh depan. Saat ini, Suzuki Ertiga Sport 2019 sedang melakukan pengujian & tertangkap kamera pada negeri India.
Selain itu Suzuki juga akan menghadirkan Ertiga Diesel Hybrid bermesin baru 1.500 cc menggunakan transmisi otomatik AGS (Automatic Gear Shift) yang juga telah dipakai pada Ignis & Wagon R.
Jika terdapat info terkini akan segera pada update..
0 komentar:
Posting Komentar