Akhirnya duo SUV Toyota dan Daihatsu ini mendapatkan juga penyegaran baru a.k.a facelift setelah lebih dari satu dekade. Mobil kembar ini tentunya akan berhadapan langsung denganHonda HR-V dan juga Honda BR-V dan Xpander serta pendatang baru dari negeri China yaitu Sokon Glory 580.
Tampilan kedua SUV sangat terlihat berbeda dari versi sebelumnya baik dari semua sisi, baik itu dimensi, desan dan juga mesin. Generasi keduaAll New Rush Terios memiliki dimensi yang lebih panjang dari versi sebelumnya yaitu panjang 4.435 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Jarak sumbu rodanya 2.685 milimeter. Jok baris ketiga juga semakin luas karena dimensi juga bertambah sebanyak 17 cm .
Bagian mesin Daihatsu Terios & Toyota Rush memakai mesin baru 1.500cc menggunakan kode 2NR-VE menggunakan teknologi dual VVT-i seperti yg dipakai dalam Avanza Veloz yang dapat menaruh tenaga 104 HP & torsi maksimum 136 Nm yang disalurkan ke penggerak roda belakang lewat transmisi manual 5 percepatan & empat akselerasi otomatis. Mesin ini pada develop dan memiliki beberapa komponen baru yg mensugesti pemakaian bahan bakar. Air Intake dalam mesin ini dibikin menghadap ke samping kiri, sebagai akibatnya cukup andal buat melewati genangan air.
All New Daihatsu Terios 2018
Bagian desain grill depan dibalut krome untuk Terios tipe R, sedangkan tipe X warna grill sebodi warna. Fog lamp dengan menggunakan model halogen. Velg menggunakan model two tone berukuran 17 inch dengan ukuran ban 215/60 sehingga makin tinggi.
Bagian kaki-kakinya pula terlihat semakin lezat dilihat dengan velg memakai model two tone ukuran 17 inch dengan ukuran ban 215/60 sehingga semakin bertambah tinggi apalagi menggunakan ground clearance 220 mm, jadi yg terbaik dikelasnya.
Bagian belakang, terlihat lekukan tegas dengan desain terbaru dengan aksen hitam yang membuatnya terlihat semakin gagah. Terdapat sensor parkir pada bagian belakang & depan dan dibawah spion. Tipe R telah dilengkapi menggunakan kamera 360 yg bermanfaat waktu parkir yang sempit sekalipun dan melihat situasi sekeliling mobil. Ban serep tidak lagi berada pada belakang body atau "Kondedanquot;, namun diletakkan dibawah dilengkapi dengan tray dilengkapi dengan roda buat memudahkan pada proses bongkar pasangnya dan terbebas dari kotoran debu.
Spoiler belakang juga menciptakan tampilannya makin sporty dengan aksen hitam pada bagian sampingnya. Namun belum pada lengkapi menggunakan defogger dalam bagian kacanya. Bagian lampu rem belakang terlihat cantik waktu dinyalakan, karena modelnya yg pipih.
Bagian bagasi jua bertambah luas meskipun seluruh jok tegak, masih cukup buat menampung 2 koper mini . Apalagi bila bangku baris ketiga dilipat bagasi semakin luas.
Masuk ke pada interior, terlihat perubahan total juga dari versi lawasnya. Interior terlihat minimalis dengan bagian panel-panel pada dashboard berwarna hitam menggunakan list rona putih. Serta ada motif jahitan-jahitan palsu namun terlihat rupawan. Bahan jok menggunakan bahan fabric. Bagian jok belakang baris ketiga masih cukup memadai buat orang dewasa tentunya buat jarak pendek, akan tetapi lebih nyaman bagi anak-anak.
AC sudah dilengkapi dengan Auto Digital/Climate Control serta fitur hiburan yang sudah menggunakan Headunit yang bisa memutar USB, Bluetooth dan lain-lain. Lampu utama pada tipe R juga dilengkapi dengan Automatic headlamp yang berfungsi secara otomatis menyala jika cuaca sudah mulai gelap. Selain itu terdapat juga Front Sensor dan fitur Vehicle Stability Control.
Untuk harganya All new Terios ini akan dibanderol dengan harga Rp195-247 jutaan. Berikut harga All New Daihatsu Terios yg hadir pada 7 tipe:
Tipe X MT Rp195,dua juta
Tipe X MT Deluxe Rp205,2 juta
Tipe X AT Deluxe Rp215,2 juta
Tipe R MT Rp227,9 juta
Tipe R MT Deluxe Rp237,9 juta
Tipe R AT Rp237,9 juta
Tipe R AT Deluxe Rp247,9 juta
Custom MT Rp. 240,3 juta
Custom AT Rp 250,tiga Juta
Daihatsu Hadirkan Terios Custom
Daihatsu Terios Custom hadir di GIIAS 2018 dengan membawa sejumlah kelebihan seperti bagian eksterior yang dibalut menggunakan bemper baru & stone guard di sisi bodi, serta bagian grill, cover fog lamp diberi tambahan aksen berwarna hitam. Selain itu terlihat sticker berwarna merah silver di bagian sampingnya.
Melihat ke interior terlihat tambahan Jok fabric bernuansa hitam dan scuff plate hitam. Bagian dashboard tertanam headu unit tocuh screen yg tersambung dengan audio steering switch serta kamera parkir dan around view monitor, selain itu ada AC digital.
Toyota Rush 2018
All New Rush hadir pada dua tipe saja yaitu G & TRD Sportivo & jua ada 6 pilihan rona yg bisa dipilih konsumen yaitu white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, bronze mica metallic dan bordeaux mica.
Semua tipe Rush dibekali dengan lampu LED depan belakang, keyless entry dan keyless start plus serta kamera mundur. Selain itu terdapt 13 cup holder yang bisa digunakan menyimpan botol minuman. Toyota Rush juga sudah dilengkapi 6 SRS airbag, 7 seat belt indicator dan 7 head rest, Fitur ABS, Solid Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), dan Secured Hill-Start Assist (HSA) untuk semua tipe.
Toyota mengklaim bahwa Rush terkini sanggup membukukan 11,3 km per liter pada syarat macet, sedangkan luar kota atau toll sanggup mencapai 23 km per liter, jadi rata-homogen konsumsi BBM-nya tercata 19,4 km per liter karena memakai mesin yg Avanza Veloz yg sudah dikembangkan lagi. Selain itu jua ada jua penambahan stabilizer dalam suspensi sehingga mampu mengurangi body roll yg berlebihan. Berikut beberapa disparitas tipe Toyota Rush G & TRD Sportivo:
Tipe G
- Ban menggunakan ukuran 215/65 dengan ukuran 16 inci Velg model two tone.
- Fitur keyless entry dengan Push Start Button
- 6 airbags pada bagian depan untuk penumpang dan pengemudi, airbag samping, dan curtain shield airbag (CSA).
- Fitur Tilt Steering namun belum ada Telescopic.
- Pengaturan AC masih manual
- Rear Defogger.
- Console Box Armrest dengan bahan plastik
- Jok fabric dengan model semi bucket
- Fitur hiburan deilengkapi dengan head unit 7 Inch, namun belum dilengkapi dengan konektivitas internet, support multitasking dan Smart Phone Repote App, serta hanya memiliki enam speaker.
Berikut fitur-fitur baru yang hadir padaAll New Rush TRD Sportivo:
- Velg model two tone dengan ukuran ban 215/60 17 inch.
- Dilengkapi proyektor HID, daytime running light (DRL), lampu kabut, dan lampu belakang sudah LED.
- List body kit di sekeliling bodi yang membuat tampilannya makin sporty.
- Charger juga terdapat pada baris bangku ketiga.
- Spion dilengkapi dengan sein LED dan sudah retractable, antena model sirip hiu.
- Toyota Rush TRD menggunakan bahan kulit pada setir, shift knob, dan bahan soft touch di instrumen panel, center cluster, door arm rest, juga console box-nya.
- Fitur keyless entry dengan Push Start Button. Pada tipe TRD, dilengkapi dengan fitur Smart Entry.
- Pada fitur hiburan tersedia DVD AVX 7 inci dengan konektivitas Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App dengan 8 buah speaker.
- Pengaturan AC sudah digital dan ada fungsi otomatisnya.
- Pada bemper depan dan belakang terdapat garis merah yang memang ciri khas dari TRD Sportivo
Perbedaan Fitur Terios dan Rush 2018
Dari data diatas mampu disimpulkan beberapa perbedaan pada duo SUV kembar ini yaitu:
- Fitur keselamatan. Rush hadir dengan enam air bags sedang Terios cuma tersedia dua airbag.
- Rush dilengkapi dengan Fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) pada semua tipe, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
- Semua tipe Rush dilengkapi dengan kamera parkir mundur juga begitu.Terios hanya pada tipe R saja.
- Terios tipe R memiliki kamera 360 derajat dan kamera depan sehingga bisa melihat ke seluruh arah dan memudahkan pada saat parkir. Sedangkan pada Rush tidak tersedia.
- Rush semua tipe dilengkapi tujuh indikator safety belt, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
- Rush semua tipe dilengkapi emergency stop/brake signal yang berguna saat pengereman mendadak, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
- Daihatsu Terios tipe R sudah dibekali dengan lampu depan otomatis yang menyala saat hari mulai gelap. Sedangkan pada Rush tidak ada.
- Fitur hiburan Rush dan Terios sama-sama menggunakan layar sentuh 7 inci. Perbedaannya Rush TRD Sportivo sudah bisa menggunakan internet, weblink serta navigasi Waze dengan 8 surround sound speakers. Sedangkan Terios tipe R tidak bisa internet dan hanya memiliki 6 mid-range speaker plus 2 tweeter.
- Rush tampil dengan grill depan berwarna black chrome sehingga terlihat sporty, sedangkan Terios dengan grill berwarna krom sehingga terkesan elegan.
- Rush hadir dibekali dengan defogger pada bagian kaca belakang sehingga makin nyaman untuk pengemudi dari sisi visibilitas, sementara Terios tidak mempunyai fitur ini.
Rush & Terios ini ternyata memang diluncurkan buat menjegal Honda BR-V yg saat ini semakin turun minat pembelinya dan pula Mitsubishi Xpander yg semakin laris anggun. Untuk Xpander bahkan pembeli harus inden lama bahkan sanggup sampai 6 bulan.
Perbandingan Rush & Honda BRV
Jika dilihat dari segi dimensi BR-V memiliki panjang 4.453 milimeter, sedangkan Rush hanya 4.435 mm. BRV dengan lebar 1.735 mm berbanding dengan Rush 1.695 mm, untuk tingginya, BR-V 1.666 mm dan Rush 1.705 mm. Sementara itu jarak sumbu roda BR-V dan Rush sama-sama yaitu 2.662 mm. Untuk gorund clearance Rush lebih unggul yaitu 220 mm berbanding BR-V yaitu 210 mm.
Jika membandingkan dapur pacunya, Keduanya dibekali dengan mesin 1500 cc, namun beda tenaga yg dihasilkan. Honda BR-V lebih unggul yaitu dengan 108 Hp & torsi 145 NM, sedangkan Rush baru hanya 102 HP menggunakan torsi 136 Nm.
Dari sisi fitur keselamatannya, keduanya relatif rupawan menggunakan adanya ABS, EBD & ESC, bedanya Rush sudah dilengkapi menggunakan 6 butir airbags ad interim Rush hanya dua airbags pada depan.
Terus bagaimana jika Rush Terios ini dibandingkan dengan Xpander ? Beberapa pecinta otomotif bahkan juga membuat beberapa perbandingan, karena Xpander juga memiliki DNA SUV sehingga cukup pantas untuk disandingkan bersaing dengan Rush dan Terios yang juga menampung tujuh penumpang.
Rush dan Terios hadir menggunakan penggerak roda belakang, sedankan Xpander menggunakan penggerak roda depan. Perbandingan dimensinya pula lebih panjang Xpander menggunakan 4.475 mm berbanding Rush 4.435 milimeter, Xpander jua lebih lebar dengan lebar 1.750 berbanding Rush 1.685 mm, tetapi Rush lebih tinggi dengan 1.705 mm berbanding Xpander 1.700 mm.
Mitsubishi Xpander dijual dengan harga di kisaran Rp. 180 hingga 240 jutaan. Dengan 6 tipe yaitu Ultimatr AT, Sport AT, Exceed AT, Exceed MT, GLS MT, dan GLX MT. Sedangkan Rush akan dijual dengan harga Rp 239,9 juta hingga termahal Rp 261,3 juta on the road Jakarta dengan dua tipe saja yaitu G dan TRD Sportivo. Berikut harga Toyota Rush terbaru 2018:
Rush 1.5 G MT: Rp. 242.150.000
Rush 1.Lima G AT: Rp. 252.150.000
Rush 1.Lima TRD MT: Rp. 253.550.000
Rush 1.5 TRD AT: Rp. 263.550.000
Review Test Drive & Konsumsi BBM New Rush Terios
Kompas Otomotif: menggunakan Rush transmisi otomatis (AT) dengan jarak tempuh 65 km dari Purwakarta menuju bandung lewat Subang bisa mendapatkan 11,4 km per liter dengan catatan ada macet di beberapa titik dan jalan menanjak menuju arah Lembang. Untuk performanya agak kurang bertenaga sehingga mesin sedikit terpaksa atau meraung saat melintasi tanjakan dan melewati truk.
Liputan 6: Menggunakan Terios Manual melewati jalur perbukitan daerah Sumatera Barat menyatakan bahwa percepatan energi pada putaran bawah relatif agresif dan perpindahan gigi & pengendaliannya jua halus. Posisi berkendara tidak terlalu tinggi lebih seperti MPV dan suspensi sudah mendapatkan peningkatan berdasarkan model sebelumnya, tidak terlalu empuk tapi relatif nyaman serta body roll pula lebih indah dari versi lawas. Kekedapan juga sudah mulai membaik, namun suara raungan mesin masih masuk ke pada kabin. Bagian jok tipis dan kurang mendekap body tubuh menggunakan baik.
Pikiran warga : Menggunakan Rush TRD Sportivo Manual, settingan pedal yang terasa tinggi sehingga perlu penyesuain beberapa saaat. Untuk handling, overtaking dan manuver tanpa hambatan, sedangkan buat kenyamanan dan handling juga indah.
Sindo: Menggunakan Rush TRD Sportivo Manual menurut Purwakarta ke Subang menggunakan jarak tempuh sekitar 70 km, bisa melaju pada toll sampe 165 KM per jam namun buat kecepatan ini kendaraan beroda empat sudah tidak terasa nyaman lagi. Sedangkan jika dipacu dalam kecepatan 150 km per jam masih cukup nyaman. Untuk tenaga baru terasa dalam saat rpm 3000 ke atas. Untuk konsumsi BBM tercatat 14 km per liter, sedangkan pada ketika jalan kalem mampu menyentuh nomor 1:19. Gejala limbung masih sedikit terasa meskipun suspensi sudah lebih baik.
Uji coba Akselerasi Rush vs Xpander
Selain BR-V, Rush juga disandingkan dengan mobil MPV terbaru Mitsubishi yang saat ini menjadi andalan dan makin meningkat penjualan di kelasnya yaitu Xpander. Salah satu media online, tribun menguji seberapa kencang akselerasi dan tenaga yang dimiliki oleh Rush dan Xpander yang memiliki kapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan penggerak otomatis. Dari hasil uji coba Rush bisa menyelesaikannya 0-100 km dalam waktu 14,9 detik. Sementara itu Xpander lebih baik dengan catatan waktu 13,5 detik.
0 komentar:
Posting Komentar