Dua motor berkapasitas 125 cc ini mulai banyak yang membandingkannnya. Yup, Yamaha Lexi 125 & Vario 125, padahal keduanya tidak sinkron secara desain sebenarnya. Namun boleh jugalah kita membandingkannya biar gak penasaran lagi dan bingung dalam memilih yg cocok, terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita nantinya. Oiya, Lexi 125 ini pula mendapatkan galat satu penghargaan menjadi skutik terbaik dikelas 110-125 cc dari GridOto award menggunakan mengalahkan nominasi lainnya yang berasal menurut orisinil pabrik Honda yaitu Honda Vario 125 eSP & Honda Scoopy. Yuk kita ulas pribadi apa saja perbandingan Yamaha Lexi 125 menggunakan Vario 125 ini
Secara desain, sudah disebutkan diawal tadi bahwa keduanya berbeda. Lihat saja Lexi 125 VVA dengan dimensi Panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.135 mm dan ground clearance 133 mm yang termasuk dalam keluarga MAX dengan bodi lebih besar serta stang lebar dan tinggi. Bodi depan terlihat mirip dengan "kakaknya" yaitu Yamaha NMAX yang bergaya elegan apalagi dengan model lampu utama LED mengotak didepan. Dan bagian dek nya yang lega bisa membuat ruang kaki luas bahkan bisa setengah selonjor pada saat riding.
Sementara Vario 125 berdimensi Panjang 1.921 mm, lebar 683 mm, tinggi 1.096 mm dan ground clearance 135 mm lebih terlihat sporty dengan gaya lampu depan LED & DRL contoh sipit dan body yg penuh menggunakan lekukan tajam di semua bodinya, tetapi ruang kaki nir seluas Lexi 125.
Yamaha Lexi jdibekali dengan mesin 4-tak berkapasitas 124,7 cc SOHC berpendingin cairan. Dengan tenaga 8,75 kW dalam 8.000 rpm menggunakan torsi aporisma 11,3 Nm dalam 7.000 rpm.
Sementara Honda Vario 125 memakai mesin 4-tidak 125 berpendingin cairan juga dengan tenaga 8,dua kW dalam 8.500 rpm dengan torsi aporisma 10,8 Nm dalam lima.000 rpm. Dari data diatas mampu kita lihat energi Lexi lebih akbar sedikit daripada Vario 125.
Bagian kaki-kaki Yamaha Lexi telah dibekali dengan tubeless berukuran 90/90-14 buat depan & 100/90-14 pada bagian belakang dibantu menggunakan sistem suspensi telekospik dalam bagian depan & contoh sub-tank tunggal pada bagian belakang. Sedangkan Vario 125 berukuran bannya lebih mini yaitu 80/90-14 pada depan & 90/90-14 di belakang berpadu dengan sistem suspensi contoh telekospik pada bagian depan dan model suspensi tunggal dalam bagian belakang.
Untuk fiturnya, keduanya juga terlihat memiliki keunggulan masing-masing. Lexi dengan panel instrumen digital yang besar sehingga mudah terbaca yaitu ada penunjuk status bahan bakar, odometer, trip meter, average, volt meter, tingkat kecerahan layar (backlight), jam digital, indikator VVA (Variable Valve Actuation), Start Stop System (SSS), dan rpm. Power charger untuk mengisi daya baterai smartphone, fitur hazard, stop & start system (SSS) dan answer back system dan keyless untuk varian S.
Sedangkan Vario 125, model panelnya yang cukup lengkap indikatornya seperti Multi Information Display (MID) untuk odometer, trip meter A, trip meter B, Average konsumsi BBM, real time konsumsi BBM, indikator battery (aki), jam digital, engine check, oil change, dan Idling Stop System (ISS). Selain itu ada fitur Answer Back System, dan Anti Theft Alarm dan kunci kontak berpengaman magnet dilengkapi remote.
Untuk masalah kepraktisan, Lexi harus mengakui keunggulan Vario 125, karena bagasi bawah jok Lexi lebih kecil dari Vario 125 yang bisa menampung helm full face.
Untuk harga Yamaha Lexi hadir dengan dua pilihan yaitu Lexi biasa dengan harga Rp 19.950.000 sedangakan Lexi tipe S dibanderol dengan harga Rp 22,800,000. Sedangkan Vario hadir dengan dua pilihan yaitu Vario 125 CBS dengan harga Rp. 19.200.000 dan Vario 125 CBS Rp. 19.200.000 diharga Rp. 20.000.000.
0 komentar:
Posting Komentar